Jobseeker Stories Part II

Selamat malam,
Beberapa hari yang lalu sempet ngeshare tentang pengalaman nyari kerja. Dan sekarang udah masuk bulan November, berarti udah 2 bulan berproses untuk nyari kerja. Dan you know, ternyata emang nyari kerja itu lebih susah dari yang dibayangin. Haha. Mungkin, masalah pertama adalah masalah kapasitas kita, yang kedua adalah masalah personality kita dan terakhir masalah keberuntungan kita. Ya, banyak faktor yang mempengaruhi cepet atau lamanya dapet kerja, apalagi dengan persaingan yang sangat ketat ini. Yang jelas tetap semangat dan berusaha, saya yakin bakal dapet yang terbaik.
Oke malam ini juga berencana untuk ngeshare pengalaman, kali aja ada yang butuh. Menurut saya, pengetahuan tentang pengalaman kerja orang lain emang dibutuhkan bagi kamu yang sedang/mau menghadapi panggilan kerja. Dan..biasanya saya nyari di Kaskus atau blog orang yang share pengalamannya. Dan pengetahuan tentang pengalaman seseorang itu dapat jadi referensi kita saat menghadapi panggilan kerja di perusahaan yang sama. Dan saya berharap juga bisa kayak gitu, itung-itung ngebantu, dan saya tidak berniat lain. Terakhir kali ngepost saat mau interview di Starbuck dan akhirnya itu terlaksana berikut perjalanan proses recruitment saya dari bulan Oktober sampai November detik ini.
1. MT-Starbuck
Starbuck merupakan sebuah kedai kopi terbesar di dunia, dan khusus untuk Indonesia dikelola oleh PT. Mitra Adi Perkasa, yaitu perusahaan retail produk branded. Sedangkan MT adalah singkatan dari Management Trainee, merupakan sebuah program yang bertujuan untuk percepatan karir. Khusus untuk starbuck, kita bakalan menghadapi jenjang karir dari mulai jadi kasir, tukang buat cofee dan asisten manager (tapi gaji dari setiap pelatihan sama sekitar 7 juta + Fasilitas), setelah 3 tahun kontrak bakalan jadi store manger yang gajinya bisa di atas 10-15 lah, kadang bisa lebih. Tapi, ada beberapa hal yang harus dipenuhi yaitu kualifikasi, IPK 3.0, pengalaman organisasi and fluent in english, bersedia kerja weekend (setiiap minggu ada 2 kali libur), dan kontrak 3 tahun. Dan emang berat sih ya.
Untuk pengalaman disini, waktu itu saya dapet panggilan pada tanggal 15 Oktober 2015 di Kantor Pusat MAP, di kawasan Sudirman. Kalo ga salah itu jadwalnya jam 13.00 wib, tapi ternyata nyampe di sana emang agak ngaret sih pelaksanaannya. Jadi, baru mulai interview baru jam 15.00. Waktu itu ada 4 orang yang ikut interview dan salah satunya temen satu organisasi di IPMM Bogor, Harry Andiga (Ilmu Teknologi Pangan). Jadi ga terlalu bosen nungguin karna ada temen buat ngobrol. Sesuai info kalo interview di sini bakalan in english dan ternyata bener. Waktu itu kita langsung disuruh masuk berempat dan diinterview barengan (emang beda dari biasanya yang harus one by one). Jadi, kalo ga salah waktu itu ada 2 anak IPB (gue dan Harry), 1 anak UI dan 1 anak Gundar.
dan interview pun dimulai emang mostly english sih, dan ini pengalaman pertama kayak gini, untuk materi interview emang tentang personality dan pengalaman organisasi aja sih. saat interview saya hanya bisa banyak kata hmm..ehmm.. dan hmm.. hahaha. tapi saya berhasil bareng harry menyelesaikan sampe akhir pake english sih, dua yang lainnya malah campur2 with bahasa. Jadi, sedikit berpuas diri walaupun emang udah ga yakin bakalan lolos. dan ternyata emang ga lolos soalnya sampe sekarang ga ada kelanjutannya. so, keep strong karena emang ini pengalaman pertama interview in english jadi ga terlalu masalah. Malah bersyukur buat ningkatan kemampuan yang emang jauh dibawah rata-rata. Hahaha.

2. AASM Unilever
Jadi, ini emang perusahaan impian dari awal kuliah sampe sekarang dan berasa sangat seneng banget ketika dapet panggilan dari perusahaan ini dan berhasil melewati beberapa tahap walaupun pada akhirnya gagal, tapi bagi saya tidak masalah. Karena setidaknya lebih paham dengan cara recruitment Unilever. Berikut pengalamannya, ada beberapa rangkaian yang diikuti
a. Screening CV
Menurut saya ini adalah salah satu tahap yang emang termasuk susah, karna yakin banget kalo yang apply ke perusahaan ini pasti ribuan dan waktu itu dapet email dari Ibu Feby pada tanggal 13 Oktober 2015 dan ngisi form applyingnya. Dan alhamdulillah, pada tanggal 23 Oktober dapet balasan email dari Unilever untuk mengikuti Initial Interview.
b. Initial Interview
Tanggal 26 Oktober dateng dan akhirnya mencoba dengan maksimal dateng ikut interview ini di Graha Unilever di Gatot Subroto, Trus, pas nyampe disana ada sekitar 50 orang yang ikut interview. Dan disana juga ketemu ama adisth, temen satu dosen bimbingan yang emang udah wisuda dari bulan september lalu (saya masih desember), dan menunggu urutan dari jam 11 baru dipanggil sekitar jam setengah satuan. Dan akhirnya mulai lah interview sama mbak-mbak cantik, dan interview ini emang lebih ke personality juga sih. Dan waktu disana emang lagi berbinar-binarnya, interviewnya in english dan bahasa sih. jadi campur2 gitu. Saat interview sih ngerasa agak pede dan katanya pengumumannya akan diumumin seminggu setelah ini. Dan berharap lolos sih.
c. DiSC Test
Jadi, pada tanggal 4 november tepat seminggu setelah interview, alhamdulillah diumumin hasil tersebut dan ternyata lolos. Dan kita yang lolos diwajibkan untuk mengikuti test online, lebih ke personality gitu sih. Apakah kita cocok dengan kerjaan ini atau ga, dan waktu itu cuma butuh waktu 10 menit kurang buat ngisinya. Soalnya sama kayak soal DiSC biasa yang nanya tentang sifat yang paling sama yang tidak paling dekat dengan kita. Dan pengumumannya diumumkan setelah 2 hari pengisian. Sebenarnya emang agak ragu karena ngisi DiSC tersebut maksa diri bukan jadi diri sendiri karena pengen masuk Unilever banget (jadi, agak boong, haha). Tapi sayang ternyata emang ga jodoh sih, ketahuan boongnya kali. Sebenarnya setelah test ini bakalan ada Presentasi dan Interview User. Dan akhirnya medcheck. Ternyata emang belum jodoh lagi. yaa, ikhlaskan saja. Sudah sampe tahap ini pun udah keren kok, menghibur diri.
to be continued, Heinz ABC, Coca Cola Amatil, Rabobank, dan BNI Syariah.

Komentar

  1. Salam kenal mas, waktu initial interview di Unilever ada diauruh Ngerjain Soal hitungan discount ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas/mba dikasih 3 soal dasar ttg diskon dan penjualan, kemarin saya baru saja initial iview aasm.

      Hapus
  2. halo kak saya mau tanya waktu itu tau bahwa tidak lolos di unilever itu diberitahu via email bahwa kaka belum lolos atau tidak ada email yg masuk lg kak? terimaksih banyak kak

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita-cerita Horor dan Hantu di Kampus IPB

Nama-Nama Murid Hogwart dan Tokoh Harry Potter

Ih wow.... Ketupat and Final destination......!!!!