A Jobseeker !


Hello everyone! Ini udah memasuki 25 hari setelah SKL an, dan rasanya gabut dan agak capek juga ngikutin beberapa tes yang ga kunjung nyatol dan jodoh ama kerjaan yang mana. Cerita ini dimulai pada tanggal 19 september 2015, ternyata saya diajakin temen buat ikutan jobfair UI. Ini mungkin pengalaman pertama ikutan kegiatan kayak gini, maklum baru SKL an pada tanggal 17 Septembernya. Dan sumpah, itu rame banget. Itu hari terakhir buat event ini. Dan akhirnya hampir semua stand perusahaan yang ada di sana langsung saya singgahi, drop CV sana sini. Kalo ga salah yang dimasukin itu perusahaannya antara lain: Astra International, Bank Mandiri, Bank BNI, Tokopedia, Bank Mega, Heinz ABC, Blue Bird, Paragon, XL, Mitsua Bank, Standchar Bank, Bank Danamon dan Bank BCA. Lumayan banyak sih ya ternyata. Oh ya, menurut hemat saya setelah ikut jobfair disana, sebenarnya kita ga perlu ngedrop dokumen secara lengkap seperti: Surat Lamaran, fotocopy KTP, Foto, CV, SKL/Ijazah, Transkrip dan Dokumen lainya (sertifikat etc), kayaknya cukup drop cv plus SKL/Ijazah+foto udah cukup kok (biar hemat dan efesien) atau isi form online perusahaan yang disediain disana, soalnya ga bakalan terlalu diliat sama recruternya. Dan dari sinilah cerita ini berawal.

1.       MT - Astra Internasional

Dan setelah pengalaman mengikuti jobfair UI tersebut, keesokan harinya alhamdulillah langsung ada panggilan dari Astra Internasional untuk posisi Management Trainee (MT). Dan ini jadi pengalaman pertama saya buat ngikutin proses panggilan kerja. Test ini dilaksanain pada tanggal 21 September 2015 di gedung Astra Internasional di Sunter, Jakarta Utara. Sumpah, rasanya seneng bangetlah soalnya ga nyangka bakalan secepat ini, soalnya temen yang barengan sama saya waktu jobfair UI, ga tau kenapa belum dipanggil padahal kalo dari perbandingan IPK aja, IPK dia cumlaude sedangkan saya hanya standarlah. Panggilan kerja emang termasuk untung2an sih, jadi jangan berpikir kalo kamu lebih baik daripada yang belum kepanggil, mungkin belum nasib aja. Makanya tetap optimis kalo jadi jobseeker.

Oke, sedikit sharing tentang pengalaman di Astra International. Test pertama itu adalah psikotest dan test psikotestnya gilaa meeen, pake iPad yang telah disediain di meja masing2 dan dari soalnya pun sangat luar biasa, ga kayak soal psikotest umum yang ada di buku-buku yang dijual di gramedia atau tersebar luas di Internet. Meskipun sih ya, bagian dari psikotest tetap sama. Ujiannya dibagi menjadi 2 bagian, yaitu test IQ dan test Personality. Test IQ, itu terdiri dari 8 bagian yang intinya itu kebanyakan numerik dan aritmatika, selain itu ada soal mengingat, gambar dan analisis biasa. Karena test ini pake iPad, jadi waktunya sangat akurat dan ketika kamu ga bisa jawab yang habislah waktunya dan lanjut ke bagian selanjutnya (setiap bagian ada contoh soal dulu sih). Dan untuk personality itu soalnya ada sekitar 150an kalo ga salah dan waktunya bebas. Ya, dijawab sesuai kepribadian kamu aja, soalnya biasanya ini melihat kecocokan kamu terhadap posisi yang kamu ambil nanti , dan khusus sekarang harus sesuai dengan karakter seorang MT, jangan paksain jadi pribadi yang sempurna karena sesuai referensi yang dibaca di internet dan buku sih ya, test personality ga ada yang benar dan yang salah. Emang kamu mau kerja dengan posisi yang ga sesuai dengan kamu nantinya jika kamu ga ngisi sesuai kepribadian kamu? Ya itu jawabannya dibalikin ke masing-masing sih. Dan test ini pun berakhir dan sayangnya sampe hari ini saya belum dapet kabar bagaimana kelanjutan hasil dari psikotest tersebut, sepertinya tidak lolos. Oh ya, sedikit bocoran, biasanya jika ga lolos di MT Astra Internasional katanya sih bakalan direkomendasiin ke anak perusahaan atau sampai cucu perusahaan astra, jadi kesempatan tetap ada (sesuai informasi dari salah satu job seeker yang ketemu pas interview Bank Mandiri yang pernah kerja di Astra dan penjelasan HRD sebelum test ini dimulai).

2.       MMDP Bank Mega

Setelah Astra usai, akhirnya pada hari rabu, saya juga mendapatkan undangan untuk menghadiri test psikotest dari Bank Mega dengan posisi MMDP, ini setara ODP kalo di bank lain (ODP/Officer Development Program: Program buat persiapan menjadi pimpinan/officer bagi para freshgraduate/eksternal Bank, kalo di dalam disebut SDP). Undangan test ini kalo ga salah itu tanggal 28 September di Menara Bank Mega disamping Trans, daerah Mampang, Jakarta Selatan. Hmm..hari test pun dateng, peserta yang ikut test pada hari itu sekitar 30 orang dan jelas kalo setiap kali panggilan kerja pasti dapet kenalan baru. Kalo pas Bank Mega ini, saya dapet kenalan yang berasal dari ITB, dia anak SBM dan postgraduate lagi. Ampunlah langsung jiper karena masih baru-baru. Selebihnya freshgraduate dari UI sih, dan yg lainnya kayaknya udah kerja, juga ada dari UNPAD dan univ lainnya, dan yang IPB Cuma saya sendiri.

Untuk soal test psikotestnya standar sih, test IQ 3 bagian aritmatika, matematika standar dan gambar, trus test personality 2 bagian skokastik (pernyataan yang diisi dengan panah) dan pernyataan kepribadian biasa. Lanjut dengan test pauli dan terakhir test wartegg, bikin gambar orang dan selesai. Dan sayangnya pengumumannya juga belum ada sampai sekarang. Padahal sebagian udah ada yang FGD (khusus yang berasal dari luar jabodetabek bakalan test di hari yang sama untuk FGD dan interview HR). Ya, banyak-banyak berdoa ajalah. Dan nasib di MMDP Bank Mega pun sama, sampai hari ini belum ada konfirmasi. Sempat SMS sih, Cuma ya ga dibales sama HRD nya. Jadi, bias disimpulkan gagal lagi, dan belum jodoh.

3.       Back Office Mandiri

Setelah beberapa hari ga ada panggilan baru, akhirnya saya memutuskan buat apply melalui email dan website perusahaan. Sebenarnya sebelum 2 panggilan di atas, ada 2 panggilan dari veritrans dan Standchar yang terlewatkan karena jarang buka email, dan hal ini memotivasi saya untuk rajin cek email setiap paginya. Oh ya, dan penantian pun ga sia-sia juga sih, pada tanggal 5 oktober 2015, akhirnya ada panggilan lagi dari Bank Mandiri dan Testnya pada tanggal 6 oktober untuk interview awal di Plaza Mandiri. Kalo pengalaman selama interview ya biasa aja, karena ini interview perdana jadi emang agak grogi, Cuma setelah masuk malah nyaman, kayak ngobrol biasa aja, nanyain tentang personal kita sih dan keyakinan kita mau ngambil BO Bank Mandiri ga? Soalnya gajinya standar sih 3.3-3.5 juta. Tapi kalo menurut saya tidak masalah, karena BO Mandiri juga ditempatkan di Pusat, dan kerjaannya juga lebih spesifik. Waktu itu yang tersedia ada buat Staff Database, Staff Pelaksana, dan Staff Accounting. Selain itu, karena Bank Mandiri adalah BUMN jadi tidak terlalu khawatir untuk peningkatan karir. Dari cerita ibunya sih, kalo di sana itu awalnya kontrak 2 tahun setelah itu bakalan bias diangkat menjadi karyawan tetap. Trus jika kinerja baik bias direkomendasiin buat ikut program SDP.

Dan alhamdulillah ternyata lolos dan lanjut ikut psikotestnya di First Asia Consultants pada 9 Oktober 2015. First Asia Consultant itu adalah perusahaan yang nyediain jasa perekruitan, jadi dia saat itu berperan sebagai vendornya Bank Mandiri. Untuk soal psikotest di sana di bagi menjadi 3 bagian dan dikerjakan melalui computer. Soalnya agak beda dari psikotest pada umumnya dan tingkatan soalnya standar sih ga sesusah waktu di Astra. Cuma ya kalo kurang konsentrasi tetep aja ga bakalan maksimal. Pengalaman di sana standar aja sih, paling ketemu sama si Aditya anak ESL yang sekelas waktu TPB dan si Azwar yang juga anak ESL. Makanya ga terlalu bego atau bengong di sana. Dan sampai hari ini pun masih menunggu pengumuman selanjutnya dari proses ini. Udah mau seminggu sih dari tanggal Test psikotestnya.

4.       RMT Lion Super Indo

Dan kemaren sempat galau karena pada hari senin tanggal 12 oktober 2015, ada dua panggilan yang bentrok yaitu starbucks sama super indo. Tapi kayaknya lebih milih Super indo deh soalnya udah masuk tahap FGD dan udah lolos psikotest, makanya sayang aja jika ikut starbucks yang kemungkinan untuk lolosnya kecil (soalnya tahapannya susah dan full english, kelemahan gue banget), walaupun dari hati pengen banget ikut, nyobain testnya. Tapi apalah daya, email buat rescheculde belum dibales sampe hari ini. Yaudah, diikhlasin aja, Selain itu, Posisi yang disini sih sama2 MT.

Pengalaman selama di mengikuti tahap di Super Indo lumayan singkat banget. Awalnya itu nyoba apply di websitenya, kalo ga salah itu malam hari tanggal 4 oktober 2015. Trus pada pagi harinya waktu buka email langsung ada balasan dari Mbak Olga, HRD Super Indo yang mengundang buat hadir interview sama psikotest pada tanggal 8 Oktober 2015. Dan hari itupun datang, lumayan banyak sih yang ikut waktu itu. Saya dapet kenalan baru juga tentunya di sana, dia adalah Rebecca, lulusan dari Universitas Brawijaya. Hmm..dia bukan fresh graduate sih cuma mau nyari kerja lain. Dia udah kerja di MNC selama 2 tahun di Reporter. Hasil sharing2 juga, katanya kerja di TV itu berat dan harus stand by kapanpun, tapi ga masalah jika emang passion di sana. Trus dia bilang alas an dia mau nyari kerja baru sih karena orang tuanya suka khawatir.

Oke, balik lagi ke Super Indo. Psikotest di Super Indo itu lebih mudah dibandingin perusahaan lain, testnya Cuma berkaitan tentang personality kita. Jadi, ada 3  bagian soal psikotest. Skokastik, bikin gambar orang dan test wartegg. Dan selesai. Pengumuman di Super Indo cukup cepet, besoknya hari jumat langsung dapet SMS dari HRD nya. Dan saya Alhamdulillah lolos ke tahap akhir Super Indo. Testnya itu ada FGD sama Interview User. Dan hari itupun dateng, ada sebanyak 44 orang yang masuk tahap akhir ini. Dan nantinya bakalan dipilih 10 orang untuk mengikuti program MT. Agenda awal yaitu pengenalan tentang Perusahaan Lion Super Indo dan Delhaize Group. Setelah itu, baru deh mulai FGD, dan FGD dibagi menjadi 4 kelompok besar dan saat FGD dikasih kasus, kasusnya tentang rekomendasi karyawan yang cocok untuk menjadi manajer, dan kita pilih siapa yang cocok berdasarkan hasil kelompok diskusi kelompok, saat itu sih saya menawarkan diri jadi Moderatornya dan FGD berjalan lancer aja sih.

Setelah FGD kita disuruh nunggu di kantin, dan dipanggil satu per satu untuk Interview tahap akhir. Dan saya mendapatkan jadwal jam 9.50-12.00, itu sekitar ada 6 orang yang diwawancara satu per satu. Dan giliran saya pun dateng. Hmm...Wawancaranya sih biasa aja, emang sama kayak wawancara biasa, nanya tentang diri kita. Tapi ada beberapa pertanyaan yang tiba-tiba emang ga terpikirkan sebelumnya. Pertanyaan interview yang agak membuat saya shock adalah ketika Ibu Yanti, Head Managernya nanyain tentang “Bagaimana jika nanti kalo anda dapet shift kerja saat waktu shalat jumat? Apa yang anda lakukan? Kan ga semua karyawan di Super Indo perempuan, dan yang kita tahu kan kalo di perusahaan Retail harus stand by setiap saat sesuai jadwal yang ditentukan perusahaan, apalagi nanti anda bakal menempati posisi manajerial di perusahaan. Jadi, apa yang ada lakukan?”. Hmm…pertanyaannya langsung bikin gigit jari, ini mah soal keyakinan dan agama, emang berat, dan sejujurnya ga bisa jawab sih. Cuma dipaksain aja jawab secara normatifnya. Yasudahlah, susah ternyata nyari kerja. Haha.

Dan pengumuman pun buat sesi ini diumumkan da nada 5 orang yang lolos, dan nasib baik mungkin ya, gue juga ga lolos. Hehe. Emang ga jodoh sama Super Indo. Dan salah satu dari 5 orang itu ada satu temen gue yang lolos yaitu si Lilis, temen satu kelas dan satu angkatan. Waktu tahap akhir ini emang ada beberapa anak IPB sih, 2 orang dari AGB, trus ada yang dari SKPM sama fahutan juga. Dan ini menjadi akhir perjuangan di Super Indo. Dan memantapkan prinsip kalo kerja emang ngaruh sama jodoh2an, kalo emang ga cocok, emang ga bakalan keterima juga, walaupun dipaksain. Hehe. Yang penting tetap usaha dan berdoa agar dapet yang terbaik :D

5.       To be continued ( MT-Starbuck “MAP”, MT-Heinz ABC dan AASM Unilever)

Abis pulang dari test akhir Super Indo dengan membawa kekecewaan, sampe di rumah, saya langsung buka email lagi dan berniat buat tetap optimis dapet kerjaan yang cocok. Pas buka email, ada 2 email yang masuk. Email itu dari Unilever dan Heinz ABC. Kekecewaan yang dibawa pulang langsung aja ilang. Yaiyalah siapa yang ga seneng diemail sama Perusahaan impian. Udah deh, diemail tersebut nyuruh saya buat lengkapin data. Sebenarnya ga inget sih kapan daftar di website 2 perusahaan keren ini, dan berharap dapat mengikuti proses recruitmentnya juga dalam waktu deket.

Hari ini, 14 Oktober, Pagi-pagi checkin email lagi, ternyata ada balasan dari PT. Mitra Adi Perkasa, dan saya dapet melakukan reschulde terhadap interview yang bentrok sama Super Indo kemaren. Dan wawancaranya dilakukan besok, 15 Oktober 2015 di Sudirman. Untuk ini, saya Cuma berharap bisa melakukan yang terbaik aja. Soalnya emang tahapan di MAP cukup berat dan ketat, hal ini karena salary yang ditawarkan cukup gede kalo buat freshgraduate yaitu sekitar 6-7 juta dan belum termasuk fasilitas. Okeee, Ganbatte para jobseeker. Kita harus berjuang untuk kehidupan masa yang lebih baik. Menjadi pengangguran friksional itu ga memalukan kok, Cuma jangan lama-lama, yang penting mencoba dulu dan usaha. Gagal atau ga nya, yang penting kita selalu punya pembelajaran dan hikmah untuk pengalaman2 tadi. Semoga besok lancar. Sekian.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita-cerita Horor dan Hantu di Kampus IPB

Nama-Nama Murid Hogwart dan Tokoh Harry Potter

Ih wow.... Ketupat and Final destination......!!!!