S2 atau Kerja?

Akhirnya...semester 7 datang juga. Jadwal kuliah gue untuk semester ini jelas2 banget sudah tidak padet lagi dan hanya perlu ke kampus 2 kali dalam seminggu. Itu udah ibarat libur dalam kondisi weekend.
Oke, kenapa judul postingan sekarang itu "S2 atau kerja"? ya, gue yakin bagi lo yang udah merasa memasuki fase mahasiswa tingkat akhir mungkin hal ini bakalan menjadi trending topik selain ngurusin skripsi dan bersiap digebukin sama kata-kata "kapan wisuda?". 

Dan setelah gue pikir2 akhirny gue mantap dengan pilihan gue. Kalo emang gue ga dapat rejeki untuk lanjut studi di luar ngeri maka gue harus kerja. Kalo hanya jadi S2 tetap di Indonesia...jelas pilihan gue tetap sama yaitu gue harus kerja. So, untuk targetan awal berarti harus bisa dapet beasiswa ke luar negeri atau nyari kerja yang mapan dalam negeri. Hmm...ini berkat gue ga sengaja buka fb dan baca status komti gue yang kayak gini : 

dan setelah baca ini ternyata emang banyak pertimbangan juga buat ngelanjutin S2, kecuali emang di luar negeri. Soalnya iya sih, kemaren gue sempat cerita2 bareng kakak kelas dan brother2 gue yang udah pada kerja dan kebanyakan nyaranin buat lanjut S2 ke luar negeri atau langsung kerja untuk nyari pengalaman. Because di dunia kerja itu ga sama kayak dunia kampus. Meskipun dunia kampus terkadang emang ada tantangan tapi tantangannya itu masih dapat memaklumi kesalahan dalam banyak hal. Toh, nanti jikalau lo kerja dan lo buat salah tentunya lo ga bakalan dapat keringan dan kemudahan dalam menghadapinya.

Selain itu kalo di dunia kerja itu yang paling dibutuhin itu adalah pengalaman. Apa itu pengalaman? kalo lebih mudah sih dan umumnya orang-orang mengenalnya dengan kata softskill. So, sebelum diwisuda maka lo perlu ningkatin hal tersebut selain mendapatkan banyak pengalaman kerja setelah lulus. Hmm...kalo baru nyadarnya sekarang sih emang agak riskan juga. Untung aja sedikit banyaknya gue udah pernah nyobain organisasi. Gue dulu memang berpikir bahwa organisasi tujuannya yaaa emang buat keren2an atau lebih tepatnya dibilang dapat gengsi jika lo bisa ikut organisasi kayak BEM atau UKM dan semacaamnya. Tapi setelah berpikir dan kembali menghayati apa yang gue dapet dari organisasi ternyata emang banyak dan memang perlu banget. Kenapa? ya, karena diorganisasi itu menurut gue ya itu ibarat miniaturnya atau gladi buat kerja. Hmm..dalam kerja lo bakalan ngenal adanya manajemen, adanya tanggungjawab dan adanya tekanan. Ya, mungkin bagi lo yang bisa belajar di bangku perkuliahan tentang hal ini bisa jadi bakalan jauh berbeda dengan kenyataannya. Semua hal bakalan beda saat berada di prakteknya. Hmm.. ga bisa dipungkiri semakin kompleks koindisi sebuah organisasi yang lo hadapin maka semakin keras juga lo untuk terhindar dari banyak masalah di sana. dan semua itu bakalan lo hadapi di dunia kerja yang tak kenal ampun terhadap kesalah toh kalo di organisasi ataupun kepanitiaan ketika lo ga bertanggungjawab dan menjalankan hal dengan ga sungguh2 lo ga akan ditindak tegas kan? ya, itu kata abang gue soal di dunia kerja. Setidaknya ilmu yang ada di organisasi itu sangat bermanfaat saat lo di dunia kerja. so, wajar aja kalo setiap perusahaan keren selalu mempertanyakan soal keikutan lo dalam sebuah keorganisasian atau kepanitiaan. ya, tujuannya itu, cuma buat liat kemampuan lo. toh jika lo hanya mampu kuliah dan main doang jelas banget itu rugi man. So, ketika masih punya kesempatan ayo manfaatin. 

ya, sebenarnya gue juga ga nyaranin buat harus ikut organisasi cuma salah satu jalan mudah untuk mendapatkan hal itu adalah organisasi. ya, sebenarnya gue akuin bahwa gue sendiri udah jenuh dengan kondisi dan ikut organisasi semester ini soalnya gue yakin dan percaya bahwa masalah yang dihadapi di sana selalu sama untuk beberapa kegiatan. masalahnya dana, sdm dan bla bla lah. dan itu udah gue rasain berulang-ulang kali. Dan menurut gue saat lo udah masuk fase untuk melepas jabatan lo jadi mahasiswa dan akan menjadi orang maka raih hal yang belum lo dapat sebelumnya. Kalo gue pribadi sekarang gue lagi ningkatin bahasa inggris gue (ya, ini masih menjadi kelemahan parah). gue akui untuk menjadi seorang yang pasif gue masih bisa tapi sayang gue belum mampu sampe tahap aktif. ya, disemester ini gue bakalan mencoba untuk lebih dan lebih deh. 

Oke, selai targetan di atas. Softskil yang gue punya sekarang gue mau asah lagi nih dengan banyak baca buku dan latihan untuk hal yang gue suka. Hmm...membaca jelas banget dari semster 3 sampe sekarang gue sangatlah minim. Seharusnya harus lebih giat lagi nyari sumber bacaan buat nambah pengetahuan. Apapun bacaannya seharusnya harus dibaca. Selain membaca gue berencana untuk semster ini gue bakal padatin untuk ngajar bimbel lagi dan ikuatan lomba. Semester kemaren sempet ikut 2 lomba aja, seharusnya bisa lebih. dan satu lomba lumayanlah nambah satu koleksi buku yang di dalamnya terdapat karya gue. Dan semester ini harus lebih giaat dan niat lagi ikut lomba. 

Trus untuk kabar bisnis sepertinya mulai lancar dan ada jalan nih. ga sia2 gue belajar design dan belajar bikin website. Beberapa orang udah mulai ngenal tim gue dan ada beberapa tawaraan untuk jasa pembuatan design dan website. ya, orientasi sekarang emang materi sih, karena emang udah layak untuk melakukan hal itu kok. Ya, ini salah satu kesiapan gue menghadapi dunia kerja. Toh, meskipun lo anak bisnis tapi ga ada salahnya jika lo gila akan teknologi. Oke, rencana semester ini bakalan mendalami PHP dan CI deh. Kalo HTML5 dan CSS kayaknya udah lumayan deh cuma harus sering liat referensi untuk latihan dan nambah ide. lagian gue yakin gue mampu kalo ada temen yang kayak si Ilfa.

OKe, itu sebagian softskil yang gue punya dan bekal yang akan gue pertaruhin buat bersaing di dunia kerja. ya, shit banget lah ketika lo bilang kalo hidup itu orientasinya harus bermanfaat dan hanya perlu ada nilai dalam melakukan sesuatu. ya, bagi gue emang sih IPK itu butuh tapi sayang aja jika lo hanya fokus belajar dan akhirnya jadi pesuruh. ini bukan saatnya untuk berpikiran jadul man, banyak saingan di luar sana. banyak juga link yang harus dicari mulai sekarang, maka bertemanlah. ya, itu!

so, balik lagi dengan judul di atas, maka disimpulin saat ini adalah gue bakalan kerja deh setelah wisuda sambil nyari beasiswa ke luar negeri. SO, bukan waktunya buat bermain-main lagi. Sekarang udah semster 7 dan harus mempersiapkan diri untuk jadi mapan dan abis itu nikah. HAHAHA. selamat sore dan mari tetap semangat gladikarya di desa tercinta ini. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita-cerita Horor dan Hantu di Kampus IPB

Nama-Nama Murid Hogwart dan Tokoh Harry Potter

Ih wow.... Ketupat and Final destination......!!!!