Bukan tersesat atau terjebak kan?

Hai dear, ini semester 5 kan ya? ga tau kenapa gue semakin galau aja di semester ini. Entahlah, mungkin ini gegara setiap kali membaca materi kuliah, atau belajar dengan intensif menjelang ujian gue berasa sangat pesimis banget. Alasannya cuma satu sih, ntar gue mau jadi apa? ini sudah masuk tahun 2014 loh, target gue di 2015 udah wisuda. Tapi rasanya itu jauh banget dari bayangan. Bukan masalah materi kuliahnya yang ga terkuasai, tapi ini masalah lainnya. Gue akui gue ga terlalu bermasalah untuk nilai, tidak terlalu masalah untuk materi kuliah. Masalahnya itu adalah KENAPA SAMPAI SEMESTER LIMA GUE MASIH BELUM BISA MENYUKAI JURUSAN GUE SENDIRI!

Setiap kali mau ngebahas apa yang bisa membuat gue tertarik dengan jurusan ini, perasaan ga ada menarik menariknya. Padahal gue udah berusaha untuk bilang dan sugesti ke diri kalo ilmu yang gue pelajari ini keren loh. Banyak hal yang bisa gue perbuat. Nyatanya emang benar sih, banyak hal bisa gue lakukan kalo gue bener2 tertarik dan expert dalam bisnis. Bisnis itu keren! Apapun bentuknya, mau bisnis industri, pertanian, atopun yang lainnya. Tapi kok tetap aja ga menarik. Gue akui gue ga bisa ngembangin diri di sini. Rasanya itu kayak tetep aja stag di sana. Ga ada hal baru yang gue perbuat. Masa seorang mahasiswa hanya datang buat belajar, kuliah dan wisuda. Abis wisuda ya kerja, tapi kerja apaan? masa kerja kayak kebanyakan orang. No, no, jalani lagi sampai gue bosen menjalani. itu aneh banget. apa yang gue lakuin? entah boy.

Entahlah, rasanya itu gue terjebak disini, dan dipaksa suka. Lalu, sebenarnya yang gue suka itu apa? ntar mau lanjut kemana? trus kerjanya ngapain? pasti kalo ga tertarik semua bakalan ngebosanin. Kalo pun gue hobi nulis dan mau nulis tentang bisnis ataupun pertanian, ya tetep aja ga tertarik. Aduh...ini udah gue coba dengan bikin essay, ato menargetkan buat ikut paper tentang bisnis ato pertanian, tapi tetap aja ga tertarik. malah membuat motivasinya berkurang. Ini dipengaruhi juga dengan orang-orang disekeliling gue sih, gue liat banyak diantara mereka itu udah kayak klop banget dengan jurusannya. Kayaknya enak loh jadi mereka yang cuma ngejalani dengan optimis. pengen juga kayak gitu. Apa gue harus ngeyakinin diri lagi buat bisa suka.

Trus sekarang gue harus bilang jalani lagi di semester 6. semester ini udah mau kelar loh. Gue hanya ga mau salah langkah, salah ngambil keputusan. Semester 6 penentu loh, buat topik skripsi sebagian temen gue udah nentuin tema, mau ngakat apaan. lah? gue ? mau apaan juga ga tau. Gue hanya ga mau jadi terbebani sama hal ini dan jadi biasa biasa aja. Ngejalani hidup kayak biasa itu membosankan. Normal is boring! yang keren itu aabnormal, tapi abnormal yang luar biasa. Jadi? resolusi ke depan apa boy? sampai buat rencana pun gue ga bisa. Kalo pun ada rencana, rasanya itu diluar corecompetennya gue. Rasanya rugi banget. Gue pengen spesifik, gue pengen ga nyoba nyoba banyak hal lain. Gue hanya pengen fokus lalu bisa ngelakuin apa aja. Lalu, gue harus apa dengan bisnis? gue harus nyoba berbisnis? tapi rasanya ga ada. Gue udah berusaha buat nyesiasatinya dengan melakukan mix dengan hobi tapi rasanya malah kurang menonjolkan corekompeten tersebut dan ujung-ujungnya malah melalaikannya.

Oke, beberapa rencana kayak bikin IPBers, yang tujuannya buat bisnis yang bisa kerjakan. tapi, tetep aja ga fokus ke sana. malah menimbulkan keterpurukan terhadap ilmunya dan suka ke ilmu lain. Malah lebih suka terhadap komunikasinya, lebih suka kepada teknologinya bukan kepada bisnisnya. Lalu, nyoba bikin paper, sampai saat ini mentok karena ga dapet materi yang pas. Malah pindah haluan dengan ikut akademi 5 Menara. Trus, nyoba fokus ke kuliah di semester 6 dengan ga ikut organisasi, eh malah bikin galau karena merasa tersesat. Jadi yang harus gue lakukan apa? masa gue harus jawab "jalani" lagi. Oh god! tentu sangt membosankan. Jujur gue pengen cepat lulus, tapi di lubuk hati gue terdalam gue takut cepat lulus karena ga siap ngehadapi ini ke depannya. Satu tahun lebih sedikit itu singkat boy, ga bakalan berasa. kalo ga ditentuin sekarang bakalan ga asik. Jadi, gue ikut kayak biasanya orang, kuliah lagi? ya, bisa jadi tapi biayanya gimana? beasiswa harus dong. tapi ga mungkin beasiswa S2 yang bukan basic ilmu yg dipelajari sekarang? harus ilmu sekarang dong. Atau gue kerja di Bank dengan aturan yang seabrek. kayaknya jadi pekerja membosankan. Jadi wirausaha tapi ga suka bisnis.

Mungkin ini bukan sugesti lagi, ini bukan kesalahan lagi. Memang harus diulang lagi kayaknya, JALANI! DAN PASTI ADA JALANNYA NANTI. setiap ada kata yang tujuannya buat ngeyakinin diri tetap aja ada kata "TAPI". Harapannya emang harus menghilangkan kata "TAPI" dan mulai bilang lagi "HARUS". Pasti bisa kok!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita-cerita Horor dan Hantu di Kampus IPB

Nama-Nama Murid Hogwart dan Tokoh Harry Potter

Ih wow.... Ketupat and Final destination......!!!!