Perubahan

Perubahan? satu kata yang sangat mudah ditemukan dalam kosakata sehari-hari. oke, gue gak mau terlalu berpanjang lebar tentang masalah ini. sebenarnya setiap manusia mengerti dengan kata ini, kata yang mudah dilafazkan tapi sangat sulit dimengerti. anda berpikir anda paham dengan kata "perubahan" ini? ya mungkin saja. pandangan kita berbeda, ah..bukan pandangan setiap orang berbeda. sangat jarang banyak orang memiliki jalan pikiran yang sama, tapi gue tahu kalo titik fokusnya sama. gue ga terlalu mempermasalahkan apapun pandangan lo tentang perubahan yang penting itu baik buat lo, yasudahlah. gue apatis, ya akhir-akhir ini.

ya, gue tahu itu dan banyak orang tahu itu. mudahnya begini pandangan gue tantang perubahan, jika gue tak pernah mau merubah diri  sendiri, maka tidak akan ada orang lain yang mampu mengubah diri gue. karena segala sesuatu itu dinilai dari usaha kita sendiri. meskipun ada campur tangan orang lain dalam perubahan diri kita, namun diri kita sendirilah yang sesungguhnya menentukan segalanya.ya, kira-kira begitulah. banyak orang berkata ini dan itu, dan mereka pikir itu mudah untuk seseorang, mereka pikir itu sangat relevan untuk dilakukan dan mereka pikir bahwa mereka lebih benar, mereka lebih tahu padahl mereka tidak pernah melakukan hal itu. BACOT! yakali kalo memang semudah itu. gue benci orang-orang banyak bicara tanpa ada pembuktian, ya...setidaknya kalo memang lo gak bisa buktiin tapi setidaknya lo pernah mencoba dan berusaha buat merealisasikannya. ya, jangan banyak omong, bacot banget sih. kata-kata gue akhir-akhir ini agak frontal, ya gue lebih suka begitu. banyak fenomena aneh yang gue temui di kehidupan gue dan waktu gue beberapa minggu ini. gue gak perlu cerita hal itu. karena terkadang hal itu tertanam erat di dalam sini. yah, gue tidak suka itu. mungkin itu dampak dari perubahan itu sendiri.

Visi seseorang boleh berbeda namun misi seseorang pastilah sama, yaitu mencapai kebahagiaan. kebahagiaan dalam bentuk apapun itu. bahagia bukan berati kaya, bukan berarti pintar atau memiliki segalanya. banyak orang yang gue sebut tadi tidak bahagia karena bahagia itu letaknya di hati tepatnya di kabul. mungkin itu yang benar, gue menemukan jawaban dan tujuan dari sebuah perubahan, yaitu mencari kebahagiaan hakiki. mungkin hal itu yang belum gue temui sampe sekrang, hati gue kosong, bukan masalah kosong karena cinta yang kdang rumit, tapi kosong karena, ya ini lebih kepada religi. entahlah. gue tak tahu, gue masih merasa belum menjadi orang yang khaffah. gue tahu, gue mengerti dan gue kadang ingin. tapi perubahan itu sulit. menjadi pribadi yang lebih baik dan konsisten, itulah tantangan terbesar dari perubahan itu. kadang gue berpikir Salah satu hal yang ditakuti dan dihindari adalah perubahan, namun perubahan itu pasti datangnya,  maka hadapilah  secara berani dan  berjuang tanpa henti dengan semangat hebat dan pantang menyerah secara konsisten dan komitmen yang fleksibel sesuai dengan aturanNya. ya, itu jawabannya.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita-cerita Horor dan Hantu di Kampus IPB

Nama-Nama Murid Hogwart dan Tokoh Harry Potter

Ih wow.... Ketupat and Final destination......!!!!